Rabu, 21 September 2016

Ganti bushing kipas angin pakai bearing 608ZZ - Bosen bentar" bushing Kipas Angin rusak? Upgrade pakai bearing... 😁

       

Bismillahirrahmanirrahim

 
       Mungkin kita sudah pernah mengalami kipas angin yang sebentar" rusak/jammed alias tidak mau putar/lengket biasanya disertai dengung. Jika itu yang terjadi cepat matikan power sebelum fuse suhu putus, kapasitor terbakar ato lebih parah kumparan stator bisa terbakar. Jangan khawatir, jangan dikiloin tu kipas angin 😁  😁  😁 , Kita bisa dengan mudah memperbaiki karena biasa kerusakan seperti itu hanya didaerah bushingnya saja. entah itu bushing kotor, lengket, bushing kemakan rotor/aus. 
Dengan sedikit pemahaman tentang kelistrikan saya coba mengganti/mengupgrade bushing bawaan pabrik menjadi bearing 608zz
Insya Allah kipas bisa bertahan lebih lama.  

bahan dan alat yg diperlukan bisa dibilang sangat sederhana dan mudah didapat. Apa saja ini dia :


  • Bearing 608ZZ ato bisa pakai 608RS (beda tutup pelindung aja ZZ dari besi RS pakai karet) 2 PCS
bearing 608ZZ ini mudah didapat di toko sparepart gerinda, bor dan semacamnya.

  • Resin, katalis dan pigmen warna hitam (tanpa pewarna/pigmen juga tidak masalah. jika tidak punya resin bs mengunakan Lem besi walau agak ribet)

kiri ke kanan = Resin, katalis, pigmen tidak harus sebanyak sprti foto.
*mungkin ada yang bertanya kenapa menggunakan bahan campuran resin, karena bahan ini mudah didapat, gampang mencampurnya, gampang menuangnya dibushing, merekat kuat dan pasti tahan panas (untuk ukuran suhu panas sebuah kipas angin yg menyala 24 jam nonstop)
  • Lem tembak (glue gun bahasa bulenya)


  • Bor dengan mata gerinda (gak ada bor... bisa aja dengan amplas, )

😁 puss ikut foto


Oke langsung aja ke tahap pengerjaan :                                                                                 

  •  Bongkar bushing kipas yang lama.
 
    buang aja ni bagian dalam bushing bawaan kipas yg sering lengket./ jammed.
 Seperti gambar dibawah, tetap gunakan bracket bushingnya.

  
  •  Setelah itu bersihkan kedua bracket bushing, pakai bor biar cpt ato amplas jika ingin santai hehe....
ini yang sudah di gerinda
 *pengerindaan/pengamplasan ini bertujuan agar resin dapat melekat cukup kuat di bracket.
  •  Jika dirasa cukup bersih kita bs ke tahap selanjutnya. olesi bearing dengan minyak makan/ ato Oli bekas.


*Ini bertujuan agar resin tidak benar" melekat pada permukaan luar bearing, jika sewaktu" kita ingin mengeluarkan bearing ato mengganti dengan yang baru kita tidak mengalami kesulitan untuk melepasnya.



 jika sudah...
  
posisikan bracket ditutup stator, baik tutup depan ato tutup belakang seperti gambar dibawah. Pastikan posisi bearing benar" center/pas tengah.
bagian depan yg bertangkai besi
 
tapi tunggu...!!!!!
biasa bracket bagian depan tidak bisa rapat, kita bisa mengakalinya dengan melebarkan sisi bracket bearing sprti ini.....






  • bila posisi bearing sudah center/pas tengah poros rotor. ambil glue gun yg tentu saja sdh panas, tembak sisi dalam antara bearing dan bracket sprti gambar. lakukan dikedua tutup stator. lem keliling untuk mencegah bearing bergeser dan mencegah resin mengalir keluar saat kita mengecorkan resin di sekitar bearing.

  


Setelah dirasa lem menutup semua sela bearing kuat atau keras lepaskan kembali bracket bearing dari stator.
 
bracket dan bearing yg telah di lem dan merekat kuat.



  • Saatnya mencampur ketiga bahan resin, katalis, pigmen... (maaf tidak bisa foto karena bahan resin ini lengket dan bisa mengotori kamera saya 😁 😁 😁 cara mencampur bahan resin bs cari di google) tidak perlu banyak campuran resin, mungkin sekitar 50ml untuk dua cetakakn bracket bearing sprti gambar yang sudah saya tuang ke bracket...
jangan menutupi area atas bearing, cukup disamping"nya saja...!
*Diamkan sekitar 20menit ato resin sudah kering, keras dan merekat sempurna...!!!
  •  Setelah cetakan resin dan bearing kering, kita bisa membersihkan bekas lem tembak tadi.
 
Cukup congkel dengan obeng ato kikir kecil..

 
Yang sudah bersih
 *kenapa dibersihkan? karena sifat lem tembak yg meleleh karena panas (panas kipas yg menyala 24 nonstop bs saja melelehkan lem). Lem masuk ke sela" alur bearing dan pelor yg ditakutkan bisa melekat jika kipas off dalam wkt yg lama (dalam keadaan dingin maka lem akan mengertas kembali)... jadi pastikan benar" bersih.
  • Tahap Terakhir pasang kembali masing" bracket bearing pada tutup stator depan dan tutup stator belakang ...
                                                               



Rakit kembali tutup stator ini pd kumparan stator...

Finally.... All Upgrade DONE... 😁



Wes,, Wess,, lagi...


Kebetulan kipas saya bermerk Maspion... Next tutorial jika ada merk lain yg bermasalah... hihii...








33 komentar:

  1. Mantap om ...
    Klo kipas angin sekai bisa pakai bearing 608ZZ jg kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo py sy yg sekai model utk di meja,baling2 aluminium, ga bs di ganti bearing bro..blm nemu bearing yg pas di dudukan tmpt boss aslinya berada.,tp kyaknya pd dasarnya tetap bs ganti pke bearing,cm hrs cari ukuran bearing yg bner2 pas baik lubang as nya atau diameter lingkar luar bearing agar bs di pasang di tkp.

      Hapus
    2. ada tmn sdh pernah ganti pakai bearing baling" aluminium,,,,

      Hapus
    3. Gambar ada yg blok sekalian blok aj semua materi nya

      Hapus
  2. mantap... solusi ala mac giver

    BalasHapus
  3. Keren bro...ini yg sy cari2..ukuran bearing yg pas ..uda lama mikir boss diganti bearing,cm blm nemu bearing yg cocok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang aq bikin dudukan bearing pakai 3D printer malah lebih cepat... ngurangi ribetnya... hihi

      Hapus
  4. Baaah...bs bikin fn ato M16 jg bro !!! Klo 3d printernya kya CNC. Kbetulan sy tangani software Ugnx nya,tar diem2 mau bikin aahh..ahahaha

    BalasHapus
  5. Mantp irit dn dpt ilmu pula makasih kawan

    BalasHapus
  6. Habis ganti pakai bearing..blum dicolok ke listrik enteng..tpi setelah dicolok kelistrik macet/berat gk mau muter knapa y??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman saya posisi as rotor tidak center.
      Cek juga kapasitor dan gulungan dinamo'a pake multitester.

      Hapus
    2. Sma sya jga gan...klo sya lbh ke as ny... Soalny dah aus...

      Hapus
  7. Yg sudah jadi dijual aja, bikin untuk semua jenis kipas angin pasti laku

    BalasHapus
  8. Posi2 as sama rotor udah pas diputar enteng pas di colokin arus ko macet kenapa ya.

    BalasHapus
  9. Bermanfaat sekali... Udah muak ya... Bolak balik ganti bearing...

    BalasHapus
  10. setelah aku pake bearing 688zz .. suara dari kipas angin dari kumparan kok tambah keras ya om .. apa yang kudu dilakuin om biar suarane ngga keras banget

    BalasHapus
  11. Beli laker nya di mana ga nemu

    BalasHapus
  12. Gak gampang bisa center. Kudu woles gak boleh kesusu2 kali
    Kasih tutor dong kalau ada. Biar bs ngepasss tengah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini memang susah cari centernya, geser o,5 mili aja, atau miring 1 derajat aja, bisa berat putarannya. Otomatis harus bongkar lagi....

      Hapus
  13. πŸ‘πŸ‘bang tutorialnya

    BalasHapus
  14. Jual dong dudukan bearingnya,pke plat tipis aja bisa ngga..jusl onlen ntar sku beli

    BalasHapus
  15. itu aja kok repot simak baik2 kalo yg ini teman2 harus kreatif jangan asal coba aja

    BalasHapus
  16. itu aja kok repot simak baik2 kalo yg ini teman2 harus kreatif jangan asal coba aja

    BalasHapus
  17. itu kipas yg baling2 alumunium brapa ya diameter nya. mau cari bering nya tapi nggak tau diameter as nya

    BalasHapus
  18. Belum begitu jelas foto2nya dan keterangannya

    BalasHapus
  19. Klo kipas angin sanex size 16 bearing nya size brp Gan

    BalasHapus
  20. Play Slots at JTV | Jeopardy Slot Machine Contest
    This site uses 과천 좜μž₯샡 cookies. 이천 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ Accepts μ„œκ·€ν¬ 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ all. Cookies ν™”μ„± 좜μž₯샡 are necessary to improve your experience. Read our Cookie Policy. Accept all. Accept λŒ€μ „κ΄‘μ—­ 좜μž₯샡 our Cookies

    BalasHapus